Memilih teleskop untuk senapan angin



Memilih teleskop yang cocok untuk senapan angin kesayangan bisa dikatakan susah susah gampang. Teleskop atau yang biasa kita kenal sebagai rifle scope ini memiliki kriteria yang variatif seperti pembesaran, hi and low power, reticle, parallax, dll. Hal penting yang perlu ditekankan adalah tidak semua scope cocok digunakan pada senapan anda, faktor harga tidak mempengaruhi kecocokan teleskop yang anda pilih dengan senapan anda. Jika tidak cocok, teleskop mahal pun tidak akan memberikan kita kualitas dan kepuasan yang tinggi dalam berburu. Mounting juga Berikut beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam memlih teleskop senapan angin.

1. Jenis senapan
Jenis senapan sangat menentukan keawetan dan akurasi teleskop. Senapan angin dengan sistem pegas/per (spring airgun) yang memiliki recoil besar butuh teleskop yang kuat dan kokoh atau didesain khusus untuk senapan spring, contohnya Hammers 3-9x40AO Magnum Spring air gun scope. Namun jika belum mempunyai cukup uang untuk membeli teleskop "mahal" tersebut, teleskop grade KW seperti hakko dengan catatan memiliki zoom fixed juga dapat digunakan pada senapan srping anda. Jika memiliki senapan uklik (multi pump pneumatic) atau PCP (precharged pneumatic) yang memiliki recoil kecil, anda dapat memfokuskan kualitas teleskop pada bidang lain seperti akurasi dan lain lain.

2. Reticle (crosshair)


Reticle yang berasal dari kata Reticule merupakan tumpuan sasaran kita dalam menggunakan scope, dasarnya berupa tanda + dimana titik tengah/ titik pertemuannya menjadi target kita. Awalnya reticle berupa kawat super tipis yang terdapat di dalam scope dan sangat mudah rusak bila terkena sentuhan.Dewasa ini reticle berkembang jenisnya, contohnya mil dot, rangefinder, swarovski's DS, springfield, premier, dll. Dalam memilih reticle, salah satu faktor yang diperhatikan adalah jarak. Jika jarak sasaran dekat (10m-20m) anda dapat menggunakan circle dot, leupold dot, target dot/crosshair yang simple dan tidak butuh perhitungan, kelemahan dari reticle reticle ini tentu saja tidak cocok digunakan untuk jarak jauh. Jika jarak sasaran menengah hingga jauh, ada baiknya kita menggunakan reticle yang memiliki fitur khusus untuk jarak jauh seperti mil-dot, rangefinder, varmint hunter, dll. Reticle reticle tersebut banyak digunakan sniper profesional dalam peperangan modern karena dapat menyesuaikan tingkat elevasi (efek gravitasi), faktor angin, dll. tembakan senapan angin dengan jarak lebih dari 50m lebih baik menggunakan reticle untuk jarak jauh. Bahkan sniper profesional dalam perang modern menggunakan reticle untuk jarak jauh seperti mil dot.


3. Zoom

Zoom atau pembesaran dalam teleskop merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap pemilihan teleskop. cara menentukan tipe zoom yang anda inginkan tentu saja berawal dari menentukan jarak tembak yang anda inginkan, dari short range, medium range, hingga long range tergantung dari kemampuan senapan dan penembaknya juga. Jika anda menembak dalam jarak 10m-25m anda dapat menggunakan scope dengan zoom fixed 3x32 atau 4x32. angka 4 dalam 4x32 berarti magnifikasi scope sebesar 4 kali penglihatan dengan mata telanjang. jika anda menembak dalam jarak medium range 25m-35m anda dapat menggunakan scope yang memiliki zoom medium anda dapat menggunakan scope dengan zoom non-fixed seperti 3-9x42, 4-10x42. 4-10 dalam 4-10x42 berarti scope memiliki zoom variatif, mulai dari 4 kali pembesaran dan bisa diubah dengan memutar ring magnifikasi hingga 10 kali pembesaran. Perlu diingat bahwa semakin besar zoom pada scope, semakin kecil area yang terlihat pada target dan membuat senapan lebih sulit difokuskan pada target, jika menggunakan zoom tinggi dianjurkan untuk menembak dengan tumpuan seperti bipod agar senapan lebih stabil. Terakhir adalah scope dengan zoom yang dikhususkan untuk long range dengan jarak sekitar 35m-120m tergantung kemampuan senapan, untuk menggunakan scope jenis ini dibutuhkan skill yang mumpuni. Contoh dari long range scope ini adalah 6-20x42, 8-20x42 bahkan ada scope yang memiliki zoom mencapai 20-60x42. 


 

Artikel lain:

MEMANCING KERANDANG DI TAMAN NASIONAL SEBANGAU

4 SENAPAN UKLIK TERBAIK

MENGENAL BAITCASTING

MEMILIH TELESKOP UNTUK SENAPAN ANGIN

TIPS MEMANCING IKAN BETOK

TIPS MEMILIH PELLET SENAPAN ANGIN

MENGENAL FLY FISHING

PENGENALAN SURVIVAL

JENIS SENAPAN ANGIN

MEMILIH PISAU SURVIVAL


1 comment: