5 jenis senapan angin


Jika anda hendak membeli senapan angin, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu jenis jenis senapan angin yang umum di Indonesia. jenis jenisnya antara lain multi pump pneumatic (pompa/uklik), pre charged pneumatic (PCP), spring (per), gejluk, dan Co2. Dengan mengenal jenis jenisnya anda diharapkan dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan dari masing masing jenis dan dapat memilih jenis apa yang paling cocok untuk anda. Umumnya, pertimbangan yang biasa dipertimbangkan dalam memilih jenis senapan antara lain; harga, jarak tembak, kestabilan, kepraktisan, kekuatan dan efektivitas senapan. Berikut jenis jenis senapan angin yang umum di Indonesia serta sekilas penjelasannya.

1. Multi Pump Pneumatic (pompa / uklik)

Merupakan jenis senapan yang paling banyak dimiliki para shooter Indonesia, dengan harga yang sangat terjangkau menjadi penyebab banyaknya senapan uklik yang beredar. Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp.200.000-Rp.400.000 anda dapat memiliki senapan uklik dengan kualitas yang cukup baik untuk berburu. Tenaga yang digunakan dalam senapan ini dapat diatur sesuai kebutuhan, mulai dari 2 kali pompa hingga 12 kali pompa. Untuk tenaga, senapan uklik memang tidak sekuat senapan gejluk atau pcp namun cukup kuat untuk "menidurkan" tikus atau burung tekukur dengan sekali tembak. Untuk jarak tembak, senapan uklik cukup unggul dibanding senapan per atau Co2 dengan jarak tembak sekitar 20m - 80m tergantung banyak faktor. Pompa yang terintegrasi membuat senapan uklik sangat praktis dan tidak membutuhkan pompa eksternal, spare partnya mudah didapat dan perawatannya tidak sulit. Kekurangannya, senapan ini kurang cocok untuk berburu big game karena tidak terlalu kuat, serta tekanan angin yang didapat kurang stabil sehingga setiap tembakan memiliki akurasi yang berbeda, khususnya pada jarak jauh. Selain itu, senapan ini sangat memakan waktu dan tenaga ketika anda hendak menembak karena 2-12 kali pompa hanya dapat digunakan untuk sekali tembak, kecuali senapan anda sudah dimodifikasi. Senapan uklik yang terkenal di Indonesia antara lain; sharp innova, sharp tiger, sharp ace, benjamin, canon 737, canon 747, bramasta, dan lain lain.


2. Pre Charged Pneumatic (PCP)

Untuk anda yang mencari kualitas, senapan PCP adalah salah satu yang terbaik di kelasnya. Dengan tenaga dari udara yang dimampatkan kedalam tabung mulai dari 1000psi hingga 3000psi, senapan ini memiliki tenaga yang besar meskipun dapat diatur kekuatannya, cocok untuk berburu medium game seperti musang, garangan dan big game seperti babi. Tekanan angin yang dimiliki senapan PCP juga stabil, sehingga menjadikan senapan PCP yang paling akurat dibanding yang lain. Untuk jarak tembak PCP memang boleh diadu, tidak sedikit orang yang mampu menembak hingga 150 meter menggunakan PCP meski semua kembali tergantung faktor tertentu, namun intinya PCP sangat mampu untuk menembak diatas 100 meter. Jika angin diisi full, PCP dapat digunakan untuk menembak hingga puluhan kali (tergantung pengaturan kekuatan).  Sayangnya PCP juga memiliki kelemahan, meski kualitasnya sangat baik, dari segi kepraktisan PCP kalah dengan senapan lain karena membutuhkan sumber angin eksternal berupa hill pump atau tabung scuba, selain itu, walaupun harganya variatif, harganya relatif cukup mahal untuk orang Indonesia dengan senapan termurah yang pernah dilihat penulis seharga Rp.1.200.000.

3. Spring airgun (per)

Senapan yang paling praktis karena hanya membutuhkan satu kali kokangan untuk menembakan satu peluru dengan kekuatan yang cukup besar dan stabil. Senapan ini menggunakan per klep sebagai sumber "tekanan" angin yang mendorong mimis dengan kecepatan luar biasa. Senapan ini memiliki kekuatan cukup besar untuk merobohkan medium game dalam sekali tembak, namun senapan ini memiliki "recoil" terbesar dibanding senapan angin jenis lain sehingga akurasi senapan per ini kurang baik. Selain itu, jika anda hendak menggunakan teleskop pada senapan tipe spring, sebaiknya anda menggunakan teleskop yang anti guncangan karena besarnya recoil yang dihasilkan senapan spring ini. Senapan spring juga merupakan senapan dengan suara tembak terkeras karena kompresi angin yang ditembakan begitu kuat. Dari segi harga, senapan spring yang palsu atau bajakan memiliki harga murah Rp.400.000-Rp.700.000, namun jika anda menginginkan senapan spring dengan kualitas terbaik, anda seharusnya membeli senapan spring original seperti diana.


4. Gejluk

Merupakan jenis senapan asli Indonesia, memiliki kualitas yang sangat baik sehingga menurut penulis senapan gejluk hanya berada satu level dibawah PCP dan diatas senapan jenis lain. Senapan gejluk menggunakan sistem pompa terintegrasi dengan senapan (tidak membutuhkan pompa eksternal) namun setelah dipompa beberapa ratus kali dapat ditembakan berkali kali (10-13 kali tergantung pengaturan kekuatan) yang merupakan gabungan antara senapan uklik dan PCP sehingga memiliki kepraktisan senapan uklik namun memiliki kekuatan dan kestabilan senapan PCP. Sayangnya senapan gejluk memiliki waktu pemompaan yang lama dan dalam proses pemompaan tersebut menghasilkan guncangan yang cukup keras untuk merusak settingan teleskop sehingga dibutuhkan teleskop yang tahan guncangan pula untuk digunakan pada senapan gejluk.


5.Co2

Senapan yang masih cukup jarang beredar di Indonesia, dengan tenaga berasal dari kapsul Co2 berukuran kecil, senapan ini memegang juara pertama dalam hal kepraktisan. Senapan ini tidak butuh dipompa, anda hanya tinggal memasukkan kapsul Co2 dan mengokangnya untuk menembakkan peluru, karena kapsulnya
kecil (seukuran sosis) senapan ini memiliki banyak bentuk yang keren dan menyerupai senapan api. Namun sayangnya senapan Co2 tidak memiliki kekuatan yang besar sehingga hanya digunakan untuk berburu small game, selain itu jarak tembaknya pun pendek, hanya sekitar 10m. Selain itu, senapan Co2 memiliki harga yang cukup mahal.


Artikel lain:











1 comment: